PAGES

Sabtu, 08 Oktober 2011

Perangkat Tambahan Pada Komputer


Perangkat Tambahan Pada Komputer yaitu perangkat yang digunakan untuk kepentingan tertentu (tambahan), diluar dari perangkat umum computer. Jadi tanpa Perangkat Tambahan, komputer tetap dapat dijalankan (dioperasikan).
1.Modem
2.Printer
3.Bluetooth
4.Scaner
5.Speaker
6.Web Cam
7.USB (Universal Serial Bus)
8. Mikrophone

!. Modem
Modem adalah singkatan dari Modulator-Demodulator.
Modulate adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisa
ditransmisikan. Demodulate adalah sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital.
Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa
(Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan
sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima
sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang
disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya
istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasipada komputer
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Jenis modem
Modem terbagi atas:
1. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
2. Modem ADSL
Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
3. Modem CDMA
4. Modem 3GP
5. Modem GSM
Fungsi modem
Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga
sebaliknya.
Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat,
misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem
bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran
radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video. Malah saat ini sudah banyak modem
yang mempunyai fasilitas yang dapat menjadi sebagai mesin penjawab telepon dan perekam
suara.
Selain itu modem mempunyai kemampuan menjadi fax modem. Fax modem ini bekerja
seperti faksimil, dengan sebuah software yang dirancang khusus, dapat mengubah modem
menjadi sebuah mesin faksimil, dimana modem merubah dokumen digital menjadi sinyal analog
dan dibangkitkan kembali menjadi file gambar jika yang menerima kembali adalah fax modem
atau menjadi dokumen tercetak jika yang menerima adalah mesin faksimil.
 2. Printer
Dari waktu ke waktu, teknologi printer terus berkembang sehingga mau tidak mau bagi seseorang yang selalu berhubungan dengan komputer dan peralatan lainnya harus terus mengikuti perkembangan tersebut. Printer dalam bahasa Indonesianya berarti pencetak (alat cetak). Istilah 'printer' saat ini sering digunakan untuk menyebut alat cetak yang terhubung dengan komputer. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. Saat ini, merk produk printer yang sering digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih jelas tentang fungsi, jenis printer dan cara kerja printer, silahkan membaca kelanjutan artikel ini.

Fungsi printer
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.

               Jenis Printer
Printer Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

InkJet Printer
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.


Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.
3. Bluetooth
Bluetooth  adalah menggunakan hubungan radio jarak dekat atau short-range radio link untuk pertukaran informasi, sehingga hubungan antar hp, mobile PC, PDA, dan lainnya dapat dilakukan tanpa gangguan kabel atau wireless.Nama Bluetooth berasal dari King Harald Bluetooth dari Denmark.
Tujuan dari peluncuran bluetooth ini diantaranya adalah untuk mengganti spesifikasi IrDA dari InfraRed pada hp dan peralatan mobile lainnya.
Bluetooth menyediakan transfer data 720 Kbps dalam range 40 feet. Bluetooth menggunakan gelombang radio yang omni direksional dan dapat menembus dinding. Ini berbeda dengan IrDa yang menggunakan teknologi pandang dan perlu satu sama lain agar bisa melakukan kontak.
Banyak perusahaan lain juga diundang untuk mendukung teknologi intinya sehingga diharapkan teknologi ini dapat dipakai dalam banyak peralatan. Radio ini akan beroperasi pada 2.45 GHz ISM {free band} (Industrial Scientific Medical), yang memungkinkan pengguna internasional dengan peralatan yang dilengkapi dengan {Bluetooth} dapat menggunakan peralatan mereka dimana saja diseluh dunia.
4. Scaner
Scanner merupakan suatu alat yang berfungsi seperti mesin fotokopi, yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital. Sensitive kepada cahaya dan dapat menerjemahkan teks, barcode, gambar, dan sebagainya. Hasil scanner ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file, teks, dokumen dan gambar.
Perangkat input scanner dapat berupa pembaca mengenal karakter tinta magnetic atau magnetic ink character recognition (MICR) dan optical data reader. MICR reader biasanya digunakan untuk transaksi cek pada suatu bank, yang ditulis dengan tinta magnetic yang hanya bisa dibaca dengan perangkat MICR dan tidak bisa dibaca dengan mata manusia.
Optical Data Reader hamper seperti MICR, namun lebih fleksibel yang dapat berupa Optical Character Recognition (OCR) reader, OCR text reader, barcode wand dan Optical Mark Recognition (OMR) reader. OCR reader dapat membaca dokumen baik yang ditulis dengan huruf cetak maupun tulisan tangan. OCR text reader banyak digunakan di took-toko atau gudang untuk membaca label data barang dalam bentuk (font) karakter OCR. Barcode wand adalah perangkat yang digunakan untuk membaca label data barang yang berbentuk kode-kode barang (bar), yang saat ini digunakan hampir sebagian besar supermarket untuk mendeteksi harga barang. OMR reader banyak digunakan untuk penilaian tes (test scoring), jawaban dari tes diberikan pada kertas mark sense form, yang berupa lingkaran-lingkaran keil yang biasanya harus diisi dengan menggunakan pensil 2B.
5.  Speaker
Speaker/loudspeaker atau dalam bahasa Indonesianya pengeras suara adalah sebuah perangkat elektronika yang berfungsi mengubah sinyal listrik (elektrik) menjadi sinyal audio sehingga dapat kita dengar sebagai suatu bunyi. Bunyi pada speaker dihasilkan dari sebuah magnet, kumparan, dan membran (selaput) yang akan bergetar seiring dengan sinyal elektrik yang melewati sebuah kumparan didalamnya.

Ada beberapa macam speaker menurut bunyi yang akan dihasilkan, yaitu:
* Tweter, bukan jejaring sosial Twitter lho ya. speaker jenis ini akan menghasilkan bunyi pada frekuensi tinggi (treble).
* Midrange, speaker yang ini akan menghasilkan bunyi pada frekuensi tengah (middle).
* Woofer, speaker jenis ini menghasilkan bunyi pada frekuensi rendah (bass).

Didalam perkembangannya ada bermacam-macam speaker seperti speaker active, sub woofer, speaker mobil, speaker komputer, speaker untuk radio atau TV
6.  Web Cam

Webcam (singkatan dari web
camera) adalah sebutan bagi
kamera
real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses
atau dilihat melalui
World Wide Web, program instant messaging,
atau aplikasi video call.
Ada berbagai macam
merek webcam, diantaranya LogiTech, SunFlowwer, dan sebagainya. Webcam biasanya
ber
resolusi
sebesar 352×288 / 640×480 piksel. Namun ada yang kualitasnya hingga 1
Megapiksel.
Sekarang hampir semua kamera digital dan HP bisa
dijadikan sebagai kamera web (webcam).
Webcam atau web camera adalah sebuah
kamera video digital kecil yang
dihubungkan ke
komputer
melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.
Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga
kata
web
terkadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang
ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan
jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan
pemandangan panorama kota
dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya,
cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam.
Sebuah web camera yang sederhana terdiri dari sebuah
lensa standar, dipasang di
sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar; casing (cover), termasuk
casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki
sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar;
kabel support, yang dibuat
dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit
dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini
dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang web camera.
Sebuah web camera biasanya dilengkapi dengan
software,
software ini mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus
ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi
internet.
Teknologi web camera pada awalnya mendapat dukungan komersial dari
industri pornografi. Industri ini membutuhkan gambar-gambar ‘live’ dan meminta
pembuatan software yang mampu melakukannya tanpa web
browser
plugins. Hal ini melahirkan teknologi live streaming webcam yang masih tetap
ada hingga sekarang.
Sekarang ini web camera yang ada di pasaran pada umumnya terbagi
ke dalam dua tipe: web camera permanen (fixed) dan revolving web camera. Pada
web camera permanen terdapat pengapit untuk mengapit lensa standar di posisi
yang diinginkan untuk menangkap gambar pengguna. Sedangkan pada revolving web
camera terdapat landasan dan lensa standar dipasang di landasan tersebut
sehingga dapat disesuaikan ke sudut pandang yang terbaik untuk menangkap gambar

7. USB (Universal Serial Bus)

Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus berseri untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan dan PDA.
Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon dengan menggunakan peralatan hub yang khusus.
Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play (pasang-dan-mainkan) dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer. Ketika USB dipasang, ia langsung dikenal sistem komputer dan memroses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.
USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital. Versi terbaru (hingga Januari 2005) USB adalah versi 2.0. Perbedaan paling mencolok antara versi baru dan lama adalah kecepatan transfer yang jauh meningkat. Kecepatan transfer data USB dibagi menjadi tiga, antara lain:
 • High speed data dengan frekuensi clock 480.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ± 500ppm.
• Full speed data dengan frekuensi clock 12.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±0.25% atau 2,500ppm.
• Low speed data dengan frekuensi clock 1.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±1.5% atau 15,000ppm.
USB adalah host-centric bus di mana host/terminal induk memulai semua transaksi. Paket pertama/penanda (token) awal dihasilkan oleh host untuk menjelaskan apakah paket yang mengikutinya akan dibaca atau ditulis dan apa tujuan dari perangkat dan titik akhir. Paket berikutnya adalah data paket yang diikuti oleh handshaking packet yang melaporkan apakah data atau penanda sudah diterima dengan baik atau pun titik akhir gagal menerima data dengan baik
8. Mikrophone           
Microphone adalah alat untuk mengubah getaran suara, menjadi besaran listrik, di mana besaran listrik ini bisa, diperkuat dan dikendalikan dengan rangkaian elektronik dan kemudian diperdengarkan melalui speaker.
Seperti diketahui, kita bisa mendengar suara, karena udara di sekitar kita yang bergetar.
Nah getaran ini akan di "rasa"kan oleh membran, yaitu suatu plastik yang sangat tipis, yang padanya digabungkan dengan kumparan kawat email yang kumparannya berada di tengah magnet.
Kalau ada getaran suara, maka membran akan bergetar dan berarti kumparanpun ikut bergetar.
Kumparan yang bergerak di tengah magnet, akan menghasilkan listrik.
Karenanya maka kalau ada getaran di depan microphone, maka pada terminal outputnya akan diperoleh tegangan yang sangat kecil dan besar tegangan ini mengikuti getaran suara.

Alat yang kebalikannya adalah speaker.
Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi arus listrik. Sedangkan pengertian microphone adalah alat yang terdiri dari membran sebagai penangkap getaran bunyi, lilitan kawat tembaga dan magnet sebagai pengubah getaran menjadi arus lisrtik.Sinyal listrik yang berasal dari microphone masih sangat lemah sehingga harus di kuatkan beberapa tingkat dengan menggunakan rangkaian pre-amp mic dan amplifier.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar